Minggu, 30 Oktober 2016

GADGET PENYEBAB MINIMNYA BER-SOSIALISASI

 
          Perkembangan teknologi yang maju dengan sangat pesat, terus menciptakan berbagai macam jenis gadget yang memiliki klasifikasi sebagai gadget high technology. Ada banyak varian gadget yang kini tersebar di Indonesia khususnya seperti smartphone, tablet, komputer dan laptop. Pengguna gadget yang membludak di Indonesia bisa dilihat langsung di tempat-temat umum seperti sekolah, stasiun, terminal, halte bahkan di bus sekalipun. Pengguna alat sosial media ini seakan telah membudaya di masyarakat Indonesia.

       Masyarakat sekarang betah untuk berlama-lama bermain dengan gadget mereka. Jika dulu apabila kita ingin berinterkasi sosial dengan orang lain kita harus bertatap muka langsung, sekarang zamannya telah berubah kita bisa menggunakan gadget kita untuk berinteraksi jarak jauh. Interaksi sosial manusia dengan sesamanya  telah digantikan menjadi interaksi manusia dengan gadget yang secara perlahan menjajah wilayah sosial kehidupan sehari-hari manusia serta memberi pengaruh terhadap interaksi sosial di masyarakat.


 



    Melalui gadget manusia sangat mudah tercandu oleh hal-hal yang bersifat maya. Psikolog berpendapat tentang efek candu yang di timbulkan gadget bisa berupa gangguan komunikasi verbal. Dan juga dalam tingkatan yang kebih tinggi dapat membuat individu menjadi hiper-realitas. Hiper-realitas inilah yang akan mempengaruhi interaksi sosial individu di masyarakat. Dalam pengertiannya hiper-realitas atau hiperealitas adalah kecenderungan membesarkan sebagian fakta dan sekaligus menyembunyikan fakta lain atau tanda lenyapnya realitas atau objek representasi digantikan dengan hal-hal yang bersifat fantasi, fiksi dan halusinasi. Dalam kasusnya apabila individu pengguna gadget terjangkit dalam hiper-realitas maka ia akan kehilangan makna interkasi sosial. Bahkan dapat melenyapkan batas kebenaran dan kepalsuan.


Kegunaan
gadget di kehidupan sehari-hari sebenarnya relatif karena, penggunaan gadget sendiri tergantung kepada orang yang memakainya. Kegunaan gadget secara pandangan umum dan penggunaan yang semestinya dapat di bagi dalam beberapa segi pandangan yaitu:

1.Segi Komunikasi
    

 


  Kalau jaman dahulu manusia biasa berkomunikasi lewat batin atau kelebihan yang dikarunia oleh Tuhan kepada orang yang dikehendaki.Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia memilih berkomunikasi lewat tulisan yang dikirimkan lewat pos dan di era milinium ini, manusia pun memilih berkomunikasi lewat handphone karena cara ini dinilai lebih praktis dari pada alat-alat komunikasi yang ada sebelumnya. Dengan adanya gadget komunikasi semakin lancar. Kita bisa tepat berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak dan tempat kita tinggal. Kita bisa berkomunikasi tanpa terikat tempat, karena jika kita berkomunikasi melalui gadget kita maka akan lebih praktis dan efisien, baik dari segi pemakaian ataupun dari segi cara kita membawa alat komunikasitersebut.

2.Segi Sosial
   
    Kita bisa memperbanyak teman lewat gadget dengan cepat dan mudah. Kita bisa berbagi kabar denganteman dan kerabat kita yang berada di dalam negri maupun di luar negri tanpa harus menunggu waktu terlalu lama. dengan adanya gadget, kita tidak perlu lama-lama mengirimkan informasi, jika ada yang cepat untuk apa kita memilih cara yang lama. dengan adanya gadget, kita tidak perlu menggunakan jasa pos yang dinilai sangat lamban.






       












3.Segi Pendidikan



    Bagi kita yang kebetulan berada dalam ruang lingkup pendidikan, kita tidak perlu pusing untuk menambahilmu pengetahuan.Dengan gadget, kita bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa harus menemui guru pembimbing. Caranya sangat mudah, kita tekan tombol-tombol tertentu yang ada di gadget kita, maka dengan mudah gadget
tersebut akan menghubungi nomer yang dituju. Kita bisa berbicara dengan dosen atau guru tentang masalah pendidikan,masalah politik,masalah keluarga atau pun berbagai masalah yang kita inginkan. Tidak hanya itu, kita bisa mengakses berbagai ilmu pengetahuan lewat fitur GPRS yang berada di gadget .Kita bisa bertukar gambar dengan teman kita melalui fitur MMS dan kita pun bisa saling bertukar lagu dengan teman melalui fitur bluetooth dengan catatan gadget yang kita punya menyediakan fitur tersebut.


Berikut adalah Dampak positif menggunakan Gadget

1.memudahkan untuk berbisnis 2.mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas,bisa menulis secara mudah,dan cepat 3.mudah mendapatkan informasi 4.bisa membuka e-mail lewat handphone touch screen 5.chatting lewat line,whatsapp,facebook mesengger,path talk,bbm sehinnga tidak perlu lagi smsan 6.bisa mengikuti perkembangan zaman,agar tidak GAPTEK

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0

1.memudahkan untuk berbisnis 

2.mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas,bisa menulis secara mudah,dan cepat 
3.mudah mendapatkan informasi 
4.bisa membuka e-mail lewat handphone touch screen 
5.chatting lewat line,whatsapp,facebook mesengger,path talk,bbm   sehingga tidak perlu lagi smsan 
6.bisa mengikuti perkembangan zaman,agar tidak GAPTEK


Dan Berikut adalah dampak negatif menggunakan gadget 

1.dapat menggangu kesehatan tubuh seperti mata,kerusakan punggung 2.lupa waktu 
3.Kerusakan fisik apabila menggunakan mouse atau keypad secara berjam-jam setiap hari dapat mengalami cidera tekanan yang berulang-ulang. 
4.Seseorang yang menghabiskan waktu di depan computer atau laptop akan jarang berolahraga 
5.Menggunakan laptop hingga larut malam 


 KESIMPULAN

Gadget adalah suatu piranti atau alat yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis dan spesifik yang berguna dan umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru dan merupakan sesuatu yang tidak biasa dan selalu didesain lebih pintar dari teknologi yang ada. Contohnya adalah komputer, handphone, tablet, game console, dan lain-lain.

Gadget yang sangat banyak digunakan saat ini ialah smartphone dan tablet. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, dan juga sangat praktis, membuat gadget jenis ini sangat diminati oleh penggunanya.

Banyak dampak positif yang didapat dari penggunaan gadget, seperti menjadikan komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis dari segi komunikasi, menambah banyak teman dari segi sosial, dan juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dari segi pendidikan.

Gadget juga memberikan dampak negatif seperti pada dapat menyebabkan kerabunan, memudarkan rasa nasionalisme, menjadikan manusia menjadi apatis, sampai maraknya penipuan dan ketidakstabilan kondisi ekonomi keluarga akibat keinginan memiliki gadget.

 

SARAN



Gadget merupakan suatu alat yang sangat membantu kehidupan kita sebagai manusia. Gadget memiliki banyak sekali manfaatnya. Kita sebagai manusia yang beradab dan berpendidikan, harus bisa memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya.

Gadget hanyalah suatu alat yang memudahkan kita dalam melakukan sesuatu, bukanlah sebuah alat yang harus kita junjung tinggi. Kita harus bisa memilah-milah mana kebutuhan yang paling penting bagi kita. Kita juga harus menilai suatu hal berdasarkan fungsionalisme nya bukan berdasarkan trend atau gengsinya. Kita harus tetap waspada pada perkembangan gadget, nikmatilah perkembangannya, jangan menerapkan paham konsumerisme dan pilah-pilihlah mana jenis gadget yang benar-benar kita butuhkan, dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung dengan sesama manusia. Ini hidup kita, kitalah yang harus menjaganya, tempatkanlah sesuatu pada tempatnya.

Semua tergantung pada kita sebagai manusia bagaimana menyikapi perkembangan gadget yang ada. Sehingga dampak positif dari gadget tersebut akan lebih menonjol daripada dampak negatifnya. 

1.memudahkan untuk berbisnis 2.mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas,bisa menulis secara mudah,dan cepat 3.mudah mendapatkan informasi 4.bisa membuka e-mail lewat handphone touch screen 5.chatting lewat line,whatsapp,facebook mesengger,path talk,bbm sehinnga tidak perlu lagi smsan 6.bisa mengikuti perkembangan zaman,agar tidak GAPTEK

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0
1.memudahkan untuk berbisnis 2.mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas,bisa menulis secara mudah,dan cepat 3.mudah mendapatkan informasi 4.bisa membuka e-mail lewat handphone touch screen 5.chatting lewat line,whatsapp,facebook mesengger,path talk,bbm sehinnga tidak perlu lagi smsan 6.bisa mengikuti perkembangan zaman,agar tidak GAPTEK

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0
 
 



Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0
Dampak Positif dan Negatif dalam Menggunakan Gadget

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0
Dampak Positif dan Negatif dalam Menggunakan Gadget

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0
DAFTAR PUSTAKA

https://ahmadhidayatullahgoblog.wordpress.com/2013/09/10/dunia-maya-atau-dunia-nyata-gadget-atau-interaksi-sosial/

http://www.academia.edu/11522586/GADGET_MEMPENGARUHI_PERILAKU_SOSIAL

http://www.kompasiana.com/adhimsastramidjaja/dampak-positif-dan-negatif-dalam-menggunakan-gadget_54f94713a333112d3c8b4fb0

https://viviherkistianti.wordpress.com/2014/02/12/makalah-gadget-2/






1 komentar:


  1. ===Agens128 bagi uang Tunai===

    Pakai Pulsa Tanpa Potongan
    Juga Pakai(OVO, Dana, LinkAja, GoPay)
    Support Semua Bank Lokal & Daerah Indonesia
    Game Populer:
    =>>Sabung Ayam S1288, SV388
    =>>Sportsbook,
    =>>Casino Online,
    =>>Togel Online,
    =>>Bola Tangkas
    =>>Slots Games, Tembak Ikan
    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
    || Online Membantu 24 Jam
    || 100% Bebas dari BOT
    || Kemudahan Melakukan Transaksi di Bank Besar Suluruh INDONESIA

    WhastApp : 0852-2255-5128
    Agens128Agens128

    BalasHapus